Contoh soal 1
Berikut
ini diberikan data mengenai hasil tentamen tengah semester, Mata Kuliah Statistika
dari mahasiswa Program S-1 Jurusan Pendidikan Matematika di sebuah IKIP.
65
|
72
|
67
|
82
|
72
|
91
|
67
|
73
|
71
|
70
|
85
|
87
|
68
|
86
|
83
|
90
|
74
|
89
|
75
|
61
|
65
|
76
|
71
|
65
|
91
|
79
|
75
|
69
|
66
|
85
|
95
|
74
|
73
|
68
|
86
|
90
|
70
|
71
|
88
|
68
|
Susunlah data di atas ke dalam tabel distribusi
frekuensi dengan panjang kelas yang sama.
Penyelesaian :
Langkah-langkah penyusunannya adalah
sebagai berikut :
1.
Rentang
= 95-61 = 34
2. Banyak kelas = k = 1+(3,3)(log 40)
k = 1+(3,3)(1,6021)
k = 6,28693
Jadi,
banyak kelas yang digunakan bisa 6 buah atau 7 buah
Di
sini akan diambil banyak kelas sebanyak 7 buah
3.
Panjang
Kelas = 34/7 = 4,86
Karena datanya dicatat dalam bilangan bulat, maka panjang
kelasnya diambil 5
Jadi dapat ditulis
sebagai berikut :
Hasil Tentamen
|
Banyak Mahasiswa
|
61-65
66-70
71-75
76-80
81-85
86-90
91-95
|
4
9
11
2
4
7
3
|
Jumlah
|
40
|
Dari daftar di atas kita dapat membuat penafsiran sebagai
berikut :
a.
Hasil
tentamen tengah semester statistika yang nilainya 61- 65 ada 4 orang
b.
Hasil
tentamen tengah semester statistika yang nilainya 66-70 ada 9 orang
c.
Hasil
tentamen tengah semester statistika yang nilainya 71-75 ada 11 orang
Dan seterusnya.
(Sumber:
Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika
Dasar. Universitas Terbuka: Jakarta. Hal. 2.13)
Soal 1
Berikut
ini diberikan data mengenai nilai tengah semester, pelajaran matematika dari
siswa SMP kelas IV.
45
|
52
|
47
|
62
|
72
|
71
|
47
|
73
|
51
|
70
|
65
|
67
|
46
|
64
|
63
|
70
|
64
|
67
|
75
|
41
|
45
|
54
|
71
|
45
|
71
|
57
|
75
|
47
|
44
|
65
|
75
|
56
|
73
|
46
|
64
|
70
|
60
|
71
|
55
|
46
|
Susunlah data di atas ke dalam tabel
distribusi frekuensi dengan panjang kelas yang sama.
Penyelesaian :
Langkah-langkah penyusunannya adalah
sebagai berikut :
1.
Rentang
= 75-41 = 34
2.
Banyak
kelas = k = 1+(3,3)(log 40)
k = 1+(3,3)(1,6021)
k = 6,28693
Jadi,
banyak kelas yang digunakan bisa 6 buah
3.
Panjang
Kelas = 34/6= 5,67
Karena datanya dicatat dalam bilangan bulat, maka panjang
kelasnya diambil 5
Jadi dapat ditulis
sebagai berikut :
Hasil Tentamen
|
Banyak Mahasiswa
|
41-45
46-50
51-55
56-60
61-65
66-70
71-75
|
5
6
4
3
7
5
10
|
Jumlah
|
40
|
Dari daftar di atas kita dapat membuat
penafsiran sebagai berikut :
a.
Nilai
tengah semester matematika yang nilainya 41- 45 ada 5 orang
b.
Nilai
tengah semester matematika yang nilainya 46-50 ada 6 orang
c.
Nilai
tengah semester matematika yang nilainya 51-55 ada 4 orang
Dan seterusnya.
Contoh soal 2
Salin
kembali data mengenai hasil tentamen tengah semester, Mata Kuliah Statistika
dari mahasiswa Program S-1 Jurusan Pendidikan Matematika di sebuah IKIP yang
sudah disusun dalam tabel distribusi frekuensi.
Hasil Tentamen
|
Banyak Mahasiswa
|
61-65
66-70
71-75
76-80
81-85
86-90
91-95
|
4
9
11
2
4
7
3
|
Jumlah
|
40
|
Buatlah tabel distribusi frekuensi
kumulatif “kurang dari”
Penyelesaian :
a.
Untuk
interval pertama (kurang dari 61)
Karena
tidak ada nilai data yang kurang dari 61, maka frekuensi kumulatifnya 0 (nol).
b.
Untuk
interval kedua (kurang dari 66)
Data yang
nilainya kurang dari 66 adalah 61-65, sehingga frekuensi kumulatifnya 4.
c.
Untuk
interval ketiga (kurang dari 71)
Data yang
nilainya kurang dari 71 adalah 61-70, sehingga frekuensi kumulatifnya 4+9 = 13.
d.
Untuk
interval keempat (kurang dari 76)
Data yang
nilainya kurang dari 76 adalah 61-75, sehingga frekuensi kumulatifnya 4+9+11 =
24.
e.
Untuk
interval kelima (kurang dari 81)
Data yang
nilainya kurang dari 81 adalah 61-80, sehingga frekuensi kumulatifnya 4+9+11+2
= 26.
f.
Untuk
interval keenam (kurang dari 86)
Data yang
nilainya kurang dari 86 adalah 61-85, sehingga frekuensi kumulatifnya
4+9+11+2+4 = 30.
g.
Untuk
interval ketujuh (kurang dari 91)
Data yang
nilainya kurang dari 91 adalah 61-90, sehingga frekuensi kumulatifnya
4+9+11+2+4+7 = 37.
h.
Untuk
interval ketiga (kurang dari 96)
Data yang
nilainya kurang dari 96 adalah 61-95, sehingga frekuensi kumulatifnya
4+9+11+2+4+7+3 = 40.
Sehingga dapat ditulis sebagai berikut
:
Hasil Tentamen
|
Banyak Mahasiswa
|
Kurang dari 61
Kurang dari 66
Kurang dari 71
Kurang dari 76
Kurang dari 81
Kurang dari 86
Kurang dari 91
Kurang dari 96
|
0
4
13
24
26
30
37
40
|
(Sumber:
Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika
Dasar. Universitas Terbuka: Jakarta. Hal. 2.28)
Soal 2
Salin
kembali data mengenai nilai tengah semester, pelajaran matematika dari siswa
SMP kelas IV yang sudah disusun dalam tabel distribusi frekuensi.
Hasil Tentamen
|
Banyak Mahasiswa
|
41-45
46-50
51-55
56-60
61-65
66-70
71-75
|
5
6
4
3
7
5
10
|
Jumlah
|
40
|
Buatlah tabel distribusi frekuensi
kumulatif “atau lebih”
Penyelesaian :
a.
Untuk
kelas interval pertama (41 atau lebih)
Data yang
nilainya 41 atau lebih adalah dari 41-75, sehingga frekuensi kumulatifnya
5+6+4+3+7+5+10 = 40.
b.
Untuk
kelas interval kedua (46 atau lebih)
Data yang
nilainya 46 atau lebih adalah 46-75, sehingga frekuensi kumulatifnya 6+4+3+7+5+10
= 35.
c.
Untuk
kelas interval ketiga (51 atau lebih)
Data yang
nilainya 51 atau lebih adalah 51-75, sehingga frekuensi kumulatifnya 4+3+7+5+10
= 29.
d.
Untuk
kelas interval keempat (56 atau lebih)
Data yang
nilainya 56 atau lebih adalah 56-75, sehingga frekuensi kumulatifnya 3+7+5+10 =
25.
e.
Untuk
kelas interval kelima ( 61 atau lebih)
Data yang
nilainya 61 atau lebih adalah 61-75, sehingga frekuensi kumulatifnya 7+5+10 =
22.
f.
Untuk
kelas interval keenam (66 atau lebih)
Data yang
nilainya 66 atau lebih adalah 66-75, sehingga frekuensi kumulatifnya 5+10 = 15.
g.
Untuk
kelas interval ketujuh (71 atau lebih)
Data yang nilainya
71 atau lebih adalah 71-75, sehingga frekuensi kumulatifnya 10.
h.
Untuk
kelas interval kedelapan (76 atau lebih)
Karena
tidak ada data yang nilainya 96 atau lebih, maka frekuensi kumulatifnya 0
(nol).
Sehingga dapat ditulis sebagai berikut
:
Hasil Tentamen
|
Banyak Mahasiswa
|
61 Atau lebih
66 Atau lebih
71 Atau lebih
76 Atau lebih
81 Atau lebih
86 Atau lebih
91 Atau lebih
96 Atau lebih
|
40
35
29
25
22
15
10
0
|
Contoh soal 3
Hitunglah nilai rata-rata dari nilai
berbobot di bawah ini.
xi
|
fi
|
17
20
31
39
|
2
5
6
4
|
Penyelesaian :
xi
|
fi
|
fi xi
|
17
20
31
39
|
2
5
6
4
|
34
100
186
156
|
|
17
|
476
|
(Sumber:
Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika
Dasar. Universitas Terbuka: Jakarta. Hal. 4.8)
Soal 3
Hitung nilai rata-rata dari nilai
berbobot di bawah ini.
xi
|
26
|
12
|
27
|
16
|
fi
|
4
|
7
|
5
|
3
|
Penyelesaian :
xi
|
26
|
12
|
27
|
16
|
|
fi
|
4
|
7
|
5
|
3
|
19
|
fi xi
|
104
|
84
|
135
|
48
|
387
|
Contoh soal 4
Ditentukan data tersebar dengan susunan
sebagai berikut:
9, 9, 10, 13, 14, 17, 19, 19, 21, 22,
23, 25, 25, 29, 33, 35, 35, 39, 43, 47.
Tentukan nilai K3.
Penyelesaian :
n = 20, letak K3 = 3/4 (20+1) =15 3/4
nilai K3 = nilai data ke 15 +3/4 (nilai data ke 16 –
nilai data ke 15
= 33+ 3/4 (35-33) = 34 1/2 .
(Sumber:
Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika
Dasar. Universitas Terbuka: Jakarta. Hal. 5.4)
Soal 4
Ditentukan data tersebar dengan susunan
sebagai berikut:
4, 12, 27, 7, 7.
Tentukan nilai K2.
Penyelesaian :
n =5, letak K2 = 2/4 (5+1) = 3 1/2
nilai K2 = nilai data ke 3+1/2 (nilai data ke 4 –
nilai data ke 3)
= 7+1/2 (12-7) = 9 1/2.
Contoh soal 5
Misalkan n = 25 dan mencari nilai D7.
Penyelesaian :
Letak D7 = 7/10 (25+1)= 18,2 artinya
letak nilai D7 antara data ke 18 ke 19.
Besarnya nilai D7 = nilai
data ke 18+0,2 (nilai data ke 19 – nilai data ke 18).
(Sumber:
Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika
Dasar. Universitas Terbuka: Jakarta. Hal. 5.5 )
Soal 5
Diketahui n = 47, tentukan nilai D4.
Penyelesaian :
Letak D4 = 4/10 (47+1)= 19,2 artinya
letak nilai D4 antara data ke 19 ke 20.
Besarnya nilai D4 = nilai
data ke 19+0,2 (nilai data ke 20 – nilai data ke 19).
Contoh soal 6
Apabila jumlah siswa yang diukur tinggi
badannya hanya 60 orang saja, dengan perincian :
Kelas
I diambil 20 orang siswa,
Kelas
II diambil 20 orang siswa,
Kelas
III diambil 20 orang siswa,
Maka
cara pengumpulan data seperti ini dinamakan sampling.
(Sumber:
Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika
Dasar. Universitas Terbuka: Jakarta. Hal. 1.5)
Soal 6
Buatlah pengumpulan data tinggi badan
pada kelas XI untuk pemilihan paskibraka.
Penyelesaian :
Setelah di survey pada kelas XI dengan
jumlah siswa 35 orang, maka diperoleh data sebagai berikut:
Tinggi Badan
|
Jumlah siswa
|
150 cm
155 cm
160 cm
165 cm
170 cm
|
10
7
8
5
5
|
Dari tabel di atas artinya adalah siswa
yang memiliki tinggi badan 150 cm adalah 10 orang, siswa yang memiliki tinggi
badan 155 cm adalah 7 orang, siswa yang memiliki tinggi badan 160 cm adalah 8
orang, siswa yang memiliki tinggi badan 165 cm adalah 5 orang, dan siswa yang
memiliki tinggi badan 170 cm adalah 5 orang.
Contoh soal 7
Sebuah populasi mencakup semua anggota
dari kelompok yang diteliti, misalnya:
a.
Semua
penduduk kotamadya Bandung
b.
Semua
pasien dirumah sakit “X” pada waktu tertentu.
c.
Seluruh
siswa SMA “A” selama tahun ajaran 1990/1991.
d.
Seluruh
mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika di sebuah IKIP tahun akademik
1990-1991.
(Sumber:
Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika
Dasar. Universitas Terbuka: Jakarta. Hal. 1.5 )
Soal 7
Buatlah populasi dari data soal 6.
Penyelesaian :
Setelah
di survey pada kelas XI dengan jumlah siswa 35 orang, maka diperoleh data
sebagai berikut:
Tinggi Badan
|
Jumlah siswa
|
150 cm
155 cm
160 cm
165 cm
170 cm
|
10
7
8
5
5
|
Dari data di atas diperoleh populasi,
yaitu:
a.
Semua
siswa kelas XI berjumlah 35 orang.
b. Sebagian siswa memiliki tinggi badan di
atas rata-rata.
c. Seluruh
siswa kelas XI yang memiliki tinggi badan 160 cm ke atas dapat mengikuti
kegiatan ekstrakulikuler paskibraka.
Mantap👍
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPeluang seorang balita terkena efek buruk imunisasi sebesar 0,0004. Dari 5000 balita yg di beri imunisasi, tentukan peluang terkena efek buruk
BalasHapusa.ada 1 orang
b.lebih dari 2 orang
Mohon bantu di jawab y kak
Peluang seorang balita terkena efek buruk imunisasi sebesar 0,0004. Dari 5000 balita yg di beri imunisasi, tentukan peluang terkena efek buruk
BalasHapusa.ada 1 orang
b.lebih dari 2 orang
Mohon bantu di jawab y kak